Perda tentang Penyidik Pegawai Negeri Sipil

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana, kepada Pegawai Negeri Sipil tertentu dapat diberikan wewenang khusus oleh Undang-Undang sebagai Penyidik sesuai dengan bidang tugasnya.

Dalam melakukan penegakan hukum keberadaan dan peranan   Penyidik Pegawai Negeri Sipil perlu ditingkatkan kinerjanya sehingga mampu menyelesaikan tugas dalam melakukan penyidikan atas pelanggaran peraturan perundang-undangan yang mengandung sanksi pidana. Di Provinsi DIY sendiri telah dibentuk Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2010 tentang Penyidik Pegawai Negeri Sipil (silahkan download disini). Dengan dibentuknya Perda ini diharapkan kinerja dalam menangani penyidikan dan pelanggaran peraturan perundang-undangan yang memuat sanksi pidana dapat ditegakkan di daerah khususnya di DIY.

Sekilas tentang Perda Provinsi DIY Nomor 5 Tahun 2010 tentang PPNS

Keberadaan Penyidik Pegawai Negeri Sipil atau PPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta selama ini berdasarkan Peraturan Daerah Nomor       1 Tahun 1987 tentang Penyidik Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tugasnya adalah melakukan penyidikan terhadap pelanggaran ketentuan pidana di dalam Peraturan Daerah, Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 1987 tersebut masih mendasarkan dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Pemerintahan Di Daerah.

Dengan adanya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, menyebabkan perubahan struktur dan tugas Pemerintah Daerah yang tentunya juga berpengaruh pada kedudukan dan tugas PPNS. Salah satu konsekuensi dari diundangkannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tersebut adalah masuknya beberapa Kantor Wilayah yang merupakan kepanjangan tangan Pemerintah Pusat menjadi perangkat Daerah, termasuk PPNS yang ada di kantor wilayah, melebur ke dalam instansi Pemerintah Daerah.

Dengan meleburnya kantor wilayah-kantor wilayah, maka lingkup tugas Pemerintah Daerah dalam kerangka penegakan hukum yang dilakukan oleh PPNS tidak lagi hanya terbatas pada penegakan Peraturan Daerah tetapi meluas pada penegakan Undang-Undang.  Berdasarkan situasi tersebut sangat dimungkinkan jika Pemerintah Daerah dapat mengusulkan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Daerah untuk diangkat menjadi PPNS pengawal Undang-Undang sektoral diluar kewenangan Pemerintah Pusat.

Apalagi dengan adanya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagai pengganti Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota, membawa konsekuensi PPNS untuk lebih diberdayakan dalam melakukan penegakan hukum.

Peningkatan efektifitas penegakan Undang-Undang atau Peraturan Daerah oleh PPNS juga akan diatasi dengan kesatuan komando dalam pelaksanaan operasional dimana semua pelaksanaan operasional penegakan Undang-Undang atau Peraturan Daerah harus terencana dan terkoordinir melalui Satuan Polisi Pamong Praja, sehingga PPNS yang tersebar di instansi teknis tidak melakukan operasional sendiri-sendiri.

Oleh: Dodik Setiawan Nur Heriyanto

*) Pemerhati Penegakan Hukum Indonesia

About these ads

Tentang Dodik Setiawan Nur Heriyanto

Dodik Setiawan Nur Heriyanto work as lecturer and legal consultant. He was graduated both undergraduate and postgraduate from Faculty of Law, Universitas Islam Indonesia, one of the oldest universities in Indonesia. He teach several subjects of international law and subjects of legal skill. He also expertise in contract drafter and legal drafter, an area of skill which have been learned during served as civil servant at Local Government of Yogyakarta's Special Region (2009-2012). For more detail about him or more discussion just send him email dodiksetiawan@gmail.com (this mail available also for iMessage, chat, and other social media).
Tulisan ini dipublikasikan di Constitutional Law, Law (Hukum), Legal Drafter, Legal Professionals dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s