Dodik Setiawan Nur Heriyanto

Home » Legal Professionals » Ujian Profesi Advokat (UPA) 2009

Ujian Profesi Advokat (UPA) 2009

My New Ideas

Law is not merely words but also reflecting more actions.

Ujian profesi advokat yang diselenggarakan oleh PERADI (Perhimpunan Advokat Indonesia) telah dibuka. Adapun syarat pendaftaran tes tersebut dibedakan antara pendaftar baru (bila belum pernah mengikuti tes ujian PERADI sebelumnya) dan pendaftar mengulang (bila pernah mengikuti tes sebelumnya namun tidak lolos). Pendaftaran dibuka dari tanggal 31 Agustus 2009 sampai 4 September 2009. Sedangkan untuk ujian akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Oktober 2009 mulai jam 09.00 WIB s/d selesai.

Syarat Pendaftaran

Pendaftar Baru:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Mengisi Formulir pendaftaran dengan melampirkan: (Fotokopi KTP, Fotokopi bukti setor Bank biaya UPA 2008 dengan menunjukkan aslinya (Rp.700.000,- untuk pendaftar baru), pas foto berwarna 3×4 sejumlah 4 lembar, fotokopi ijazah S1 berlatarbelakang pendidikan tinggi hukum yang telah dilegalisir perguruan tinggi yang mengeluarkannya, fotokopi sertifikat PKPA yang dikeluarkan PERADI).

Pendaftar Mengulang:

  1. Mengisi Formulir pendaftaran dengan melampirkan: (Fotokopi KTP, Fotokopi bukti setor Bank biaya UPA 2008 dengan menunjukkan aslinya (Rp.500.000,- untuk pendaftar mengulang), dan pas foto berwarna 3×4 sejumlah 4 lembar);
  2. Tanda terima berkas pendaftaran U.P.A 2005, U.P.A 2006, U.P.A 2007, dan U.P.A. 2008.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi kantor PERADI, Ariobimo Sentral, Mezzanine Floor, Jalan H. R. Rasuna Said Blok X-2, Kav.5, jakarta 12950, Tep. (021) 522 6184 atau 391 5548. Informasi lainnya bisa diakses juga melalui website PERADI www.peradi.or.id atau www.hukumonline.com

Di Jogjakarta sendiri, anda bisa mendaftar dan mengumpulkan formulir di Fakultas Hukum, Universitas islam Indonesia yang beralamat di Jalan Tamansiswa No.158 Yogyakarta 55151.

Hidup Advokat Indonesia…

Mohon diberikan komentar setelah membaca tulisan ini. Terimakasih.


36 Comments

  1. kapan diselenggarakan UPA 2009?

  2. Dodik Setiawan says:

    Untuk sementara belum tau kapan akan diadakan Ujian Profesi Advokat tahun 2009. Hal ini karena untuk UPA yang 2008 saja masih belum diumumkan hasil akhirnya. Apabila di cek di website peradi ternyata msh belum ada informasi terbaru seputar kelanjutan UPA di tahun 2009 ini.

  3. Victor Baltasar.T says:

    Hidup Peradi Mudah-mudahan gue lulus tahun ini amien

  4. Dodik Setiawan says:

    Amien… sukses selalu buat panjenengan mas victor… jadilah penegak hukum yang terbaik di negeri ini….

  5. Pembukaan Lagi Kapan Ya…????

  6. Dodik Setiawan says:

    Sudah dibuka koq mas. Baru saja saya posting pengumuman yang terbaru.

  7. anshori S.H says:

    dimana tempat pendaftaran ujian peradi untuk wilayah DKI JAKARTA ???

  8. Dodik Setiawan says:

    Mungkin anda bisa klik pada link berikut:

    http://www.peradi.or.id/in/detail.viewer.php?catid=9ffd3c18a048e492be1f56ca12f78d06&cgyid=3dfb4c55b245a8366c6d5a32b7bdf784

    Cukup klik dua kali saja maka akan muncul web yang berisi informasi2 ujian advokat termasuk pendaftaran di jakarta nya. Terimakasih.

  9. asma' says:

    sertifikat PKPA Peradi-nya di legalisir jg ga???klo ya, dilegalisir dmn???n biayanya di transfer k rekening mana???

  10. Dodik Setiawan says:

    Dilegalisir sertifikat PKPAnya. Dan informasi transfer dan pendaftaran bisa dilihat di website Peradi.

  11. rojak says:

    saya dngr info baru kt nya pndaftaran upa diundur,sampa tgl kpn y mas

  12. Dodik Setiawan says:

    Sampai Tanggal 14 September 2009. Baru saja diumumkan di koran2…

  13. Ellyn says:

    Apa benar pendaftaran ujian sampai 14 september.Temen saya terkejut dan binggung telp ke jsc katanya hari ini terakhir pendaftaran.Dan pada saat itu katanya pendaftaran uda tutup.Karena di daerah tidak ada pemberitahuan dari koran..Kalau sampai tgl 14 september syukur la.Kalo tidak apakah bisa diberikan dispensasi bagi orang daerah untuk mendaftar.

  14. Dodik Setiawan says:

    Itu berita dr DPP KAI Jogja… mungkin karena pesertanya banyak dan mbludak jd pendaftaran diundur sampai tanggal segitu mbak… Coba mungkin cek di http://www.dppkai.org atau hubungi kantor DPP KAI terdekat… Terimakasih atas kunjungannya…

  15. senzhiro says:

    Pak, saya mau nanya. kenapa di daerah saya sama sekali ga ada pengumuman yach?? biasanya seperti tahun2 sebelumnya, ada diumumkan di koran2. saya nunggu2 tp kaga ada pula.tau2 dgr dari temen. katanya uda ditutup..terus apa di daerah juga ada diperpanjang??makasih

  16. Dodik Setiawan says:

    Biasanya ada di pengumuman koran skala nasional (terkadang di Jogja ada pengumuman dimasukkan di harian lokal)… akan lebih up date lagi kalau selalu membuka website PERADI atau KAI…

  17. Riandianto, S.H. says:

    terima kasih atas jawaban saudara,
    dan yang pasti saya sudah mendaftar untuk upa peradi 2009, tinggal tunggu ujianya yg akan dilaksanakan tgl 17 Okt 2009 besok. Doakan buat saya yg terbaik, bravo advokat indonesia. Mari kita bersam-sama mengawal hukum Indonesia. Salam hangat, sukses selalu. Amin

  18. Dodik Setiawan says:

    Sama2 mas… Sukses ujiannya… amien…

  19. ika putri says:

    yth. peradi.
    apakah pendaftaran upa bisa ada susulan? karena saya telat informasinya, padahal saya ingin sekali ikut upa 2009 ini je bagaimana bisa ndak?

  20. Yanuar Dwi Wirabakti,SH says:

    saya lulusan fakultas hukum universitas mataram ingin sekali bergabung dan melebur di peradi. Tetapi permasalahannya, di daerah saya, tidak ada PKPA PERADI. yang ada cuma KAI.walaupun dalam situs PERADI, ada advokat yang menjadi anggota PERADI namun kenyataannya mereka adalah orang-orang KAI.tolong donk di bentuk untuk PKPA di mataram…….🙂

  21. Dodik Setiawan says:

    Wassalam. Terimakasih atas kunjungannya. Saya rasa tidak ada pendaftaran susulan. Kepanitiaan selalu menjunjung tinggi aturan mengenai kapan dan sampai kapan pendaftaran dibuka dan ditutup.

  22. Dodik Setiawan says:

    Setahu saya biasanya PKPA diselenggarakan oleh universitas yg telah ditunjuk oleh PERADI. Dan tentunya tidak sembarang tunjuk dan pilih. Mungkin menurut saya kenapa tidak mengikutinya di PKPA yang diselenggarakan Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta. Menurut saya pendidikan PKPA disana sangat bagus dan 3,5 bulan dapat mempunyai bekal praktis dalam beracara. Mengenai permohonan pmbukaan PKPA mungkin bisa kontak ke DPP PERADI Pusat mas.

  23. Bravo…bravo.. Peradi.

  24. rizki maulana says:

    kapan pengumuman hasil ujian profesi adv Oktober 2009 dirilis?tlg via website juga biar mudah diakses..
    terimakasih

  25. Dodik Setiawan says:

    silahkan cek di web peradi di http://www.peradi,org saya kira pasti on time sesuai di pengumuman saat melamar ujian.

  26. damy renjaan says:

    mw nanya pak, hasil ujian advokat PERADI 2009 kapan diumumkan ? katanya 5 minggu dri hari pelaksanaan ujian..koq mpe skarg belum ada…apa ada penundaan atau gimana? makasih sebelumnya…viva peradi

  27. hely joisen says:

    Yth Peradi..

    saya peserta ujian UPA di medan meskipun pada saat pendidikan saya ambil lokasinya di jakarta,, tapi saya bangga dengan setiap elemen dari p[ihak PERADI yang mampu menjalankan UPA 2009 ini dengan baik.meskipun pada saat di Medan ada sedikit masalah dengan adanya beberapa peserta yang mengacaukan jalannya ujian tapi itu tak membuat para panitia menjadi takut ataupun menunda ujian.
    Puji Tuhan akhirnya UPA 2009 di Medan berjalan lancar.

    saya merasa puas dengan hasil usaha saya dalam mengerjakan soal2 tersebut,,dengan bermodalkan giat belajar dan terutama berdoa pada TUHAN agar memberikan yang terbaik buat saya.

    untul itulah makanya saya mau menanyakan kira-kira pengumuman hasil advokat kapan keluar yach pak??
    masalahnya dah hampir 5 minggu saya menunggu pengumuman tapi blum ada sama sekali di muat disitus Peradi.

    Thanks B4..

    GBU

  28. manganju HS.SH. says:

    salam mas dodik.., saya manganju mohon bertanya, kapannya.. hasil ujian PERADI yang sudah diselenggarakan 17 oktober 2009 yang lalu, dapat dimumkan? saya dan teman2 yang lain sudah lama nunggu ni.., tlng dibantu infonya ya mas dodik…trims

  29. anant super lawyer says:

    wuhuuuuuuuuiiiiiiii……………
    sekali ikut upa langsung tembus………

    moga2 tetep lancar kedepannya………….

    magang dijakarta honornya besar g y/???????

  30. anant says:

    yuuuuuuuuhuuuuuuuuuu………

    lulusssssssssssss……….

  31. Dodik Setiawan says:

    Congratulations mas anant…

  32. Dodik Setiawan says:

    Selamat2…. Saya kurang tahu… tapi jakarta kan tempat uang mengalir…

  33. Dodik Setiawan says:

    Sudah diumumkan silahkan buka di http://www.peradi.or.id

  34. Dodik Setiawan says:

    Yth.Pak Hely Joesen

    Sudah diumumkan pak. coba klik http://www.peradi.or.id

Leave a Reply

