Dodik Setiawan Nur Heriyanto

Home » Law (Hukum) » International Law » Akhir Tahun di antara awal sebuah “Perang” (1429-1430 v. 2008-2009)

Akhir Tahun di antara awal sebuah “Perang” (1429-1430 v. 2008-2009)

My New Ideas

Law is not merely words but also reflecting more actions.
War in Gaza

War in Gaza 2009

Sungguh di akhir sebuah tahun, baik 1419 Hijriyah menuju 1430 Hijriyah serta 2008 Masehi menuju 2009 Masehi banyak hal yang telah terjadi dan akan segera dikenang sebagai sejarah yang segera akan di “tutup buku”kan.
Sedih sekali melihat akhir tahun yang ternyata selalu diakhiri dengan “event” yang tidak membahagiakan. Bagaimana tidak, di akhir tahun ini harapan besar semua warga dunia yang menantikan seorang Barrack Obama justru perlu ditimbang-timbang lagi: nyatanya perang Israel-Palestina masih juga makin ganas dan plan perdamaian hampir tak ada gunanya serta memboroskan jutaan US$. Gambar diatas mungkin bisa dijadikan gambaran betapa membabi butanya serangan Israel ke Palestina yang dengan alasan yang mereka claim benar bahwa: kekuasaan politik yang sah di Palestina harus segera mengakhiri proses kekuasaanya. Ingat! Kedaulatan ada di tangan sebuah negara dan negara manapun tidak bisa mengintervensi sedikitpun sovereignity of state tersebut.
Krisis Global juga akan menjadi isu “panas” di masa yang akan datang. Krisis ekonomi yang berawal dari “subprime mortgage” di Amerika akan terus dirasakan sampai kepada subjek yang lebih kecil dari negara diluar Amerika.
Semua pasti yakin dan berharap akan ada angin segar di tahun yang akan datang. Walaupun angin segar itu nampaknya harus dinikmati dengan sedikit gelombang besar yang sudah pernah dialami masa-masa sebelumnya. But, this year everyone has a resolution. We hope all of their resolution can be a win-win solution for global problems.

Happy New Year 1430 Hijriyah.
Happy New Year 2009.
Together we live in better condition with better way.

H. Dodik Setiawan Nur Heriyanto, SH


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: