Dodik Setiawan Nur Heriyanto

Home » My Personal Note » My 2010 Resolution

My 2010 Resolution

My New Ideas

Law is not merely words but also reflecting more actions.

Success is not an accident, it begins with a well-conceived plan. And i believe, this resolution will give me a launch pad for starting my new year and my new life.

Waktu berputar sungguh cepat sekali. Tak terasa tahun demi tahun terlewati hanya serasa sekejap saja. Banyak hal yang telah saya alami dari tahun ke tahun, baik itu hal-hal yang sungguh menarik sampai kepada hal-hal yang kurang mengenakkan. Resolusi-resolusi  yang dibuat (baik di tahun baru Islam maupun masehi) telah banyak terealisasi namun juga ada beberapa yang nyatanya masih harus tetap ditulis dan ditanamkan dengan usaha keras agar dicapai ditahun-tahun berikutnya.

Resolusi-resolusi yang telah dibuat sebelumnya nampak realisasinya. Saya ingat dan terkenang resolusi-resolusi besar bagi saya ini: Tahun 2004 saya harus lulus sekolah (SMU) dengan prestasi yang terbaik dikelas dan menduduki bangku kuliah yang benar-benar eksklusif serta berkualitas (resolusi saya saat awal tahun 2006: lulus membanggakan dan masuk kuliah di salah satu cabang ilmu yang diharapkan). Tahun 2006 tanpa disadari saya diminta menjadi salah satu staf di Pusdiklat Lab. FH UII (resolusi saya awal tahun 2006 adalah belajar bekerja untuk mengaplikasikan ilmu yang saya miliki). Tahun 2007 juga ternyata saya menjadi juara ketiga dalam kompetisi Mawapres (Mahasiswa Berprestasi) tingkat UII dengan hadiah berupa beasiswa selama setahun (resolusi saya awal tahun 2007 adalah membuktikan bahwa harus ada sekali chance menjadi mahasiswa berprestasi meskipun harus dilalui dengan puluhan kegagalan). Tahun 2008 resolusi saya benar-benar lebih dari yang saya bayangkan: menjadi wisudawan terbaik dengan IPK tertinggi 3,97 (padahal resolusi saya hanya satu: segera lulus S1). Nah, tahun 2009 resolusi saya benar-benar sungguh diluar dugaan juga: saya mampu lulus S2 dengan waktu sekitar 15 bulan dan bahkan lulus dengan IPK tertinggi juga 3,98 (selisih 0,01 saat lulus S1) serta lolos seleksi menjadi salah satu staf di Biro Hukum Setda Propinsi DIY.

Nampaknya syukur dan ucapan alhamdulillah harus terus saya ucapkan pasca solat lima waktu. Meskipun godaan, masalah politis, serta problem hidup lainnya (termasuk rahasia hidup saya dengan Tuhan) selalu saja kejar tayang dalam kehidupan saya. Tapi satu hal yang saya ingat: “who knows what miracles you can achieve after this.” Keragu-raguan, sulitnya langkah bercita-cita serta ketidakmampuan mengatasi beberapa persoalan hidup, tiga hal ini akan selalu menjadi tantangan tersendiri yang pada akhirnya jika semuanya mampu diatasi dengan capability yang saya punya tentunya kata miracles dalam kalimat tersebut akan membuahkan hal yang positif dan membanggakan.

Sekelumit doa dan optimisme hidup akan senantiasa ada dalam jiwa saya (InsyaAlloh) di awal tahun 2010 ini. Kedua hal ini menjadi motivator dan resolusi di awal tahun hijriah kemarin. Khusus di tahun masehi 2010 ada 5 resolusi yang hendak saya capai hanya dalam 5 kata saja: (namun maaf saya hanya bisa memposting satu kata saja sedangkan kata-kata keempatnya tidak akan saya sebutkan/kata kunci ada di blog saya ini dengan saya sembunyikan di berbagai posting tulisan saya) salah satunya adalah CLEAN. Kata Clean selalu berarti positif: bersih. Dan saya yakin tahun 2010 menjadi tahun yang menarik bagi saya karena saya harus berkeyakinan tetap dan mencari kemantapan untuk benar-benar menjadi jati diri yang sesungguhnya. Kata ini justru jika dijadikan prinsip utama akan membimbing saya menjadi sosok yang diharapkan semua orang di tahun ini.

Itulah pesan, pengalaman serta keunikan dari resolusi hidup saya. Success is not an accident, it begins with a well-conceived plan. And i believe, this resolution will give me a launch pad for starting my new year and my new life. Happy new year 2010.

H. Dodik Setiawan Nur Heriyanto, S.H., M.H.


3 Comments

  1. e2tc says:

    semoga sukses resolusinya😀

  2. Dodik Setiawan says:

    Amien. Terimakasih. Sukses selalu juga untuk anda.

  3. tikno says:

    Seems you have got important success (in education and career) in your life. Hopefully the next success will follow you.

Leave a Reply

