Dodik Setiawan Nur Heriyanto

Home » Culture (Budaya) » Filosofi Pembangunan di DIY

Filosofi Pembangunan di DIY

My New Ideas

Law is not merely words but also reflecting more actions.

Filosofi yang mendasari pembangunan daerah Provinsi DIY adalah Hamemayu Hayuning Bawana, sebagai cita-cita luhur untuk mewujudkan tata nilai kehidupan masyarakat Yogyakarta berdasarkan nilai budaya. Hamemayu Hayuning Bawana mengandung makna sebagai kewajiban melindungi, memelihara, serta membina keselamatan dunia dan lebih mementingkan berkarya untuk masyarakat daripada memenuhi ambisi pribadi. Dunia yang dimaksud mencakup seluruh peri kehidupan, baik dalam skala kecil (keluarga), ataupun masyarakat dan lingkungan hidupnya, dengan mengutamakan dharma bakti untuk kehidupan orang banyak, tidak mementingkan diri sendiri.

Dengan mendasarkan pada ilosofi tersebut, kondisi dan aspek-aspek potensial yang berkembang selama ini, serta mempertimbangkan perkembangan global yang pesat, kami memandang perlu untuk mewujudkan suatu kondisi dinamis masyarakat yang maju, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya yang adiluhung. Sehubungan dengan hal tersebut, maka visi pembangunan DIY yang akan dicapai selama dua puluh lima tahun mendatang adalah ”Daerah Istimewa Yogyakarta pada Tahun 2025 sebagai Pusat Pendidikan, Budaya dan Daerah Tujuan Wisata Terkemuka di Asia Tenggara dalam lingkungan Masyarakat yang Maju, Mandiri dan Sejahtera”.

 Sebagai pusat pendidikan terkemuka, di masa depan DIY diharapkan  menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, berdaya saing tinggi dan berakhlak mulia yang dilandasi pengamalan agama, yang didukung oleh lembaga pendidikan yang kredibel, berstandar nasional ataupun internasional. Di samping itu, sebagai pusat pendidikan terkemuka, DIY beserta lingkungan sosial masyarakatnya merupakan lingkungan yang kondusif dan nyaman untuk belajar dan menuntut ilmu.

            Sebagai pusat budaya terkemuka, di masa depan DIY merupakan tempat pelestarian dan pengembangan nilai-nilai budaya sehingga terwujud masyarakat yang menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai budaya.

 Sebagai daerah tujuan wisata terkemuka, di masa depan DIY merupakan daerah wisata yang diminati dari berbagai penjuru baik nasional maupun internasional karena memiliki daya tarik tersendiri dengan tetap menjunjung tinggi nilai moralitas.

 Salah satu ciri masyarakat yang maju adalah masyarakat yang tingkat pengetahuan dan kearifan tinggi dan ditandai dengan tingkat pendidikan dan tingkat partisipasi pendidikan penduduknya serta jumlah dan kualitas tenaga ahli dan tenaga professional yang dihasilkan oleh sistem pendidikan yang tinggi.

Untuk mewujudnya visi tersebut ditempuh melalui empat misi pembangunan daerah sebagai berikut:

  1. Mewujudkan pendidikan berkualitas, berdaya saing dan akuntabel yang didukung oleh sumber daya pendidikan yang handal.
  2. Mewujudkan budaya adiluhung yang didukung dengan konsep, pengetahuan budaya, pelestarian dan pengembangan hasil budaya, serta nilai-nilai budaya secara berkesinambungan.
  3. Mewujudkan kepariwisataan yang kreatif dan inovatif.
  4. Mewujudkan sosio-kultural dan sosio-ekonomi yang inovatif, berbasis pada kearifan budaya lokal, ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan rakyat.

Dengan memperhatikan kondisi saat ini dan tantangan yang dihadapi serta visi dan misi pembangunan yang telah dirumuskan, maka pembangunan daerah di bidang pendidikan diarahkan pada pencapaian sasaran pembangunan, dalam hal ini terwujudnya DIY sebagai pusat pendidikan terkemuka di Asia Tenggara pada tahun 2025 ditandai oleh hal-hal berikut:

  1.  Terwujudnya lembaga pendidikan yang berstandar nasional dan internasional.
  2. Tersedianya sumber daya  pendidikan yang handal.
  3. Terciptanya lingkungan  yang kondusif terhadap pendidikan.
  4. Mendatangkan peserta didik sebanyak mungkin dari luar DIY.
  5. Lulusan yang berkualitas, berdaya saing tinggi (di Asia Tenggara) dan berakhlak mulia.
  6. Meningkatnya masyarakat terdidik dan berbudaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: