Dodik Setiawan Nur Heriyanto

Home » Law (Hukum) » Constitutional Law » Pemutakhiran Data Gender dan Anak

Pemutakhiran Data Gender dan Anak

My New Ideas

Law is not merely words but also reflecting more actions.

Dalam menjalankan roda pembangunan, sangat penting untuk diperhatikan bahwa gender harus selalu menjadi dasar dalam menyiapkan langkah dan strategi pembangunan.  Sehingga pemerintah melakukan pengarusutamaan gender yakni strategi yang dibangun untuk mensinkronasikan, mengharmonisasikan serta mengintegrasikan isu, permasalahan serta fakta gender dan anak dalam merencanakan, menganggarkan, mengimplementasikan, memantau dan mengevaluasi kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan.

Langkah sebelum melakukan pengarusutamaan gender dan anak dalam pembangunan, perlu dilakukan penyelenggaraan data gender dan anak. Menurut Angka 1 Pasal 1 Peraturan Menteri Nomor 6 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Data Gender dan Anak disebutkan bahwa penyelenggaraan data gender dan anak adalah suatu upaya pngelolaan data pembangunan yang meliputi: pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang sistematis, komprehensif, dan berkesinambungan yang dirinci menurut jenis kelamin dan umur, serta data kelembagaan terkait unsur-unsur prasyarat pengarusutamaan gender dan pengarusutamaan hak anak untuk digunakan dalam upaya pelaksanaan pengarusutamaan gender dan pengarusutamaan hak anak.

Berdasarkan ketentuan Pasal 9 Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota ditegaskan bahwa sesuai kewenangan yang diberikan untuk menyelenggarakan data gender dan anak maka Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan membentuk Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Nomor 6 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Data Gender dan Anak. Lebih lengkap peraturan ini dapat diunduh disini).

Peraturan teknis ini dibentuk sebagai acuan bagi Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam menyelenggarakan data gender dan anak. Jenis data gender dan anak yang akan di selenggarakan meliputi: data terpilah menurut jenis kelamin, data terpilah menurut kelompok umur, dan data kelembagaan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: