Dodik Setiawan Nur Heriyanto

Home » Personal Experience » Garuda Indonesia dan Kualitas Bangsa

Garuda Indonesia dan Kualitas Bangsa

My New Ideas

Law is not merely words but also reflecting more actions.

This article is not about judging the whole service of Garuda Airlines but only about my first international flight experience using Garuda service.

Tepat sebulan yang lalu, pada tanggal 8 Oktober 2014 dini hari, penerbangan yang sudah saya rencanakan sejak 4 (empat) bulan sebelumnya pun tiba. Saya berencana untuk tinggal di Debrecen untuk studi. Namun, tidak ada penerbangan yang langsung (direct flight) menuju ke Kota Debrecen. Untuk itu dalam penerbangan ini, saya memesan tiket ke Budapest via Amsterdam.

Dalam penerbangan cross border nations ini saya memang sengaja egois tidak memilih maskapai lain kecuali Garuda Indonesia. Sengaja saya memilihnya, karena alasan utamanya adalah biar bagaimanapun orang Indonesia harus bangga dengan maskapai penerbangan yang dimilikinya. Minimal kita melaksanakan ajaran guru Kewarganegaraan (PPKN atau PKN) kita di sekolah dimana wujud cinta tanah air itu salah satunya bangga dan percaya dengan produk dalam negeri (maaf nge-les 😃).

Percaya atau tidak, meskipun saya memilih kursi ekonomi (economic class) yang umumnya mendapat stigma pelayanan “kelas rendahan” tetapi surprisingly duduk di kelas ekonomi maskapai ini sungguh mendapatkan treatment sekelas bintang 5 (lima). Terlebih status saya sebagai student dengan beasiswa tidak mungkin bisa memilih kelas eksekutif ‘plus plus’ (maaf lebay sedikit) kecuali jika saya merupakan pangeran raja saudi 😀. Dimulai dari pramugari yang ramah dan busana berbalut serba batik, kursi dengan screen lengkap dengan movies terupdate di dunia plus remote control dan headset khusus, serta ditambah lagi mudahnya mendapatkan tambahan makanan (snacks) dan minuman secara gratis diluar dari jatah yang diberikan menjadikan value added tersendiri bagi Garuda, menurut saya. Satu hal lagi, sebagai penumpang, hak kita oleh garuda sangat diperhatikan dan dipenuhi untuk mendapatkan informasi dimana posisi pesawat, berapa ketinggian serta jarak yang harus ditempuh, serta timing kedatangan dengan menggunakan timezone negara keberangkatan dan negara tujuan sehingga kita tidak pusing-pusing untuk lihat jam.

Hal yang perlu digaris bawahi adalah kelas ekonomi garuda ternyata pernah mendapatkan penghargaan sebagai World Best Economic Class dari Sky Trax World Airline Awards. Sehingga tidak heran tiket untuk kursi ini harus dipesan jauh-jauh hari karena jika tidak ada dua konsekuensi: satu, harga tiket membumbung tinggi jika dipesan mendekati hari H dan dua, sold out (tiket habis terjual). Saat saya menggunakan maskapai ini, saya melihat ada banyak foreigner dan orang Indonesia yang kalau tidak salah merupakan pejabat Diplomatik duduk di kelas ekonomi.

Bangga dengan kualitas nasional, merupakan salah satu keyakinan saya dalam ikut membangun Indonesia. Memang Indonesia belum bisa se-maju negara-negara besar seperti Amerika, Perancis, Inggris, dan lainnya. Tetapi saya yakin Indonesia sedang menuju ke arah kemajuan dan kemandirian bangsa. Minimal, khususnya bagi saya, percaya dan selalu memilih produk barang dan jasa dengan kualitas nasional merupakan aksi membangun negara. Meski bentuk kontribusi tersebut ukurannya kecil dan sederhana tetapi jika dilakukan secara konstan dan masif mungkin akan meningkatkan kepercayaan diri bangsa. Buat apa kita menjadi Indonesian man jika kita secara nyata menjadikan kualitas bangsa kita menjadi terpuruk. Pantaslah Sukarno dalam Pidatonya di Sidang Umum MPRS pada tanggal 22 Juni 1966 mengatakan “Terutama prinsip Berdikari di bidang ekonomi! Sebab dalam keadaan perekonomian bagaimanapun sulitnya, saya minta jangan dilepaskan jiwa “self-reliance” ini, jiwa percaya kepada kekuatan-diri-sendiri, jiwa self-help atau jiwa berdikari….”


3 Comments

  1. Rendra says:

    Dear Pak Dodik,
    I do agree 100% on what your decision, using Garuda Indonesia Airways to go to abroad. That’s great. Success for you always…..

  2. Thank you Pak Rendra. One day, you will come and see me in here🙂

Leave a Reply

